BLOG-ID bagi-bagi hosting GRATIS Klik disini! (kesempatan terbatas)

Burung Garuda Kini Hidup Lagi di Ekosistem Aslinya di Gunung Merapi

LemperLemper Newbee
Tepat tanggal 26 bulan Februari tahun 2012 silam, Gubernur DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) Sri Sultan Hamengku buwono ke-X melepaskan burung langka bernama Elang Jawa atau disebut sbg Burung Garuda di sekitar lereng Gn.Merapi. Burung ini pun saat ini telah berhasil untuk hidup di ekosistem serta habitat aslinya didaerah hutan lindung di lereng Gn. Merapi.

"Jika kami komentari, upaya untuk pelepasan burung liar dgn habitat aslinya hutan Merapi tsb memang cukup berhasil, & saat ini spesies burung tsb berhasil hidup pada sekitar kawasan Gn.Merapi," ujar Ketua PEH (Pengendali Ekosistem Hutan) T N (Tamn National) Gunung Merapi Bpk. Asep Nia Kurnia sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, pada hari Selasa (5/28).

Menurutnya, sepekan setelah dilepaskan di sekitar lereng Gn. Merapi, si Elang Jawa atau disebut juga Nisaetus Bartelsi di sekitar kawasan TNGM (Taman Nasional Gunung Merapi) Dsn.Turgo, Ds. Purwobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman Jojakarta tersebut terlihat sempat kesulitan untuk cari makanannya.

"Ketika itu di ketahui elang itu turun ke daerah pemukiman masyarakat & sempat terlihat memangsa peliharaan masyarakat berupa ayam," ungkapnya.
Dia mengatakan; namun sesudah itu burung elang garuda itu terpantau telah kembali ke daerah hutan Merapi & tak pernah terlihat turun lagi di daerah permukimanmasayarakat.

"Sekarang burung garuda tersebut telah berhasil hidup di ekosistem daerah hutan lereng Gn. Merapi. Utk makanan ia telah bisa berburu hewan tikus hutan ataupun ular hutan," ucapnya.

Asep sempat mengatakan, di harapkan keberadaan burung garuda Elang Jawa jantan yg berhasil di lepas-liarkan itu dapat membantu untuk mempercepat dan menambah populasi hidup burung garuda asli Merapi itu.
"populasi burung Elang Jawa di daerah Merapi dahulunya tinggal 5 ekor saja, dan sekarang ini menjadi 6 ekor. Kita akan terus melakukan pemantauan terhadap perkembangannya. Mudah2-an segera bisa membantu untuk perkembangbiakan burung garuda Elang Jawa di lereng Merapi," cetusnya.
Burung Elang Jawa dengan kelamin jantan itu telah menjalankan rehabilitasi kurang lebih selama 2 tahun di Kab. Kulon Progo.

Baca Juga : Burung Garuda yang Masih Hidup Disertai Dengan Gambar

Diharapkan dengan kegiatan pelepasan burung langka ini bisa menjadikan burung garuda hidup lagi dengan bebas dan dalam jumlah serta populasi yang banyak.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.