5 Langkah Menata Dapur Minimalis Dan Sempit

Discussion in 'Blogspot' started by kharisaayu, Sep 20, 2017.

  1. kharisaayu

    kharisaayu New Member

    [​IMG]

    Ketika kita baru pindah ke rumah baru atau merenovasi rumah, adalah saat yang tepat untuk menata dapur kita. Rumah saat ini umumnya kecil dan sempit, sehingga harus disiasati dengan gaya minimalis. Berikut ini langkah menata dapur minimalis untuk membantu anda dalam menata dapur, antara lain :

    1. Mulailah Dengan Apa Yang Ada

    Meskipun anda tidak menyukainya entah itu karena barang tersebut jelek atau menyimpan kenangan pahit, terima lah benda tersebut sebagai barang milik anda. Kecuali jika anda memiliki anggaran untuk membeli yang baru. Begitu juga dengan dapur anda, mau tidak mau atau suka tidak suka, dapur yang anda miliki dapat disulap menjadi dapur yang cantik dan berguna. Coba untuk membersihkan barang yang tidak anda sukai dengan sunlight, karena terkadang barang terlihat jelek saat kotor.

    2. Buatlah Stations Yang Sesuai

    Sesuaikan station dengan kegiatan yang anda lakukan di dapur. Membersihkan, menyimpan, memasak, meletakkan makanan dan makan adalah kegiatan yang biasa dilakukan di dapur. Buatlah station sesuai urutannya dan kondisi dapur anda.

    3. Susun Barang-Barang Sesuai Kegunaannya

    Rak untuk mengeringkan piring seharusnya ada di dekat tempat cuci piring, sehingga anda tidak perlu melangkah terlalu jauh hanya untuk meletakkan piring yang sudah dicuci. Pastikan juga anda meletakkan sunlight dan stocknya di station mencuci piring. Station penyimpanan haruslah berada di dekat station memasak, sehingga anda tidak perlu terlalu jauh mengambil wajan dan spatula untuk memasak. Begitu pula pisau, papan rajang, dan wadah lainnya. Setelah selesai memasak, anda bisa menyimpan masakan di bawah tutup saji di atas meja makan. Seharusnya rak piring, gelas, sendok, dan garpu tidak berada jauh dari meja makan.

    4. Buatlah Double Jika Memang Perlu

    Katakanlah, anda suka memanggang kue dan ada station memanggang di dapur anda. Station memanggang biasanya dilengkapi dengan oven. Jika station memanggang anda berada cukup berjarak dengan station membuat minuman, tidak ada salahnya untuk membagi gula menjadi dua tempat, satu untuk di baking station dan satu lagi untuk di drinking station.

    5. Beli Karena Berguna, Bukan Karena Lucu

    Langkah terakhir, barang-barang baru akan selalu anda butuhkan seiring kebutuhan anda. Ingatlah untuk membeli peralatan dapur karena berguna. Meskipun wadah minyak anda berkarakter panda imut yang mengeluarkan minyak dari mulutnya, tapi minyak selalu tumpah setiap kali dituang. Lebih baik menggunakan wadah yang sederhana tapi sesuai kegunaannya. Karena pada dasarnya kita menata dapur supaya rapi, bukan untuk menghabiskan waktu membersihkannya.
     

Share This Page