MENGAPA IPAD LEBIH BAIK DARIPADA TABLET ANDROID

Discussion in 'Blogspot' started by Sofyanyaan, Sep 2, 2017.

Tags:
  1. Sofyanyaan

    Sofyanyaan New Member

    Dari segi kualitas perangkat keras atau hardware tidak perlu mempertanyakan betapa handalnya tablet samsung, sony, mipad, nokia dll. Betapa tidak misalnya ketika iPad masih menggunakan IPS LCD, Samsung telah menggunakan layar jenis oled yang lebih baik. Namun kalau bicara segi software maupun sistem kita harus mengakui tablet Android ketinggalan jauh dari iPad! Hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan pengguna. Mengapa?

    [​IMG]



    1. iPad menggunakan sistem operasi iOS Android tablet menggunakan sistem operasi Android.



    iOS memiliki environment premium dan didesain sekaligus untuk kompatibel dengan mesin yang dirancang khusus oleh Apple, iOS hanya dipergunakan oleh iPad dan iPhone, iPod dan terakhir Apple Watch, sifatnya tertutup dan tidak ada vendor lain yang di izinkan untuk menggunakannya sebagai sistem operasi perangkat mereka, iOS sangat tertutup dan premium sehingga relatif lebih aman dari serangan dan peretasan.

    Sementara itu Android dipergunakan oleh banyak sekali vendor perangkat gagdet: Samsung, Sony, Asus, xiomi, nokia, bahkan kini blackberry. Masing masing vendor kemudian memodifikasi beberapa tampilan sistem, dapat dibayangkan membuat aplikasi di Android harus mengujinya agar kompatibel dengan banyak perangkat. Apple membuat perangkat hanya satu jenis: Premium tidak seperti android yang menyediakan banyak "kelas" dari yang peremium, menengah hinggal entry level. Bagaimana tidak repot menjaga kestabilan sistem di berbagai perangkat sekaligus? Apapun triknya, iOS lebih sederhana, jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan Android.

    Stabilitas iOS terbukti ketika mesin android membutuhkan 2-3GB RAM untuk menjalankan aplikasi, iOS menang telak walau hanya menggunakan 1GB RAM. Dan walaupun battery sebuah iPhone 2x lipat lebih kecil daripada battery ponsel android pada umumnya, namun daya tahan hidupnya pasti lebih lama karena manajemen sistemnya yang rapi dan stabil.



    2. iPad memiliki aplikasi aplikasi khsusus yang berbeda dengan lini iPhone.

    Berbeda dengan tablet android yang masih terlalu sedikit aplikasi khusus buat tablet yang dibuat, hampir semua aplikasi yang berjalan di ponsel android berjalan juga di lini tablet android, artinya apa? Artinya sebuah tablet android kalau dilihat dari segi aplikasi hanyalah sebuah perangkat telpon berlayar super besar, tidak benar benar berfungsi sebagai tablet. Berbeda dengan iPad, gagdet buatan Apple ini benar benar memiliki semua aplikasi yang memang diciptakan oleh para pengembang untuk kompatibel dengan sebuah iPad yang berlayar lebih besar daripada sekedar sebuah iPhone. Aplikasi kedua perangkat ini (iPad dan iPhone) walaupun nampak sama namun hanya bisa dijalankan di perangkat yang memang diperuntukan untuknya. Jadi ketika kamu bekerja dengan iPad dan menjalankan aplikasinya kamu benar benar menikmati sebuah aplikasi yang berjalan optimal disebuah perangkat berlayar lebar! Mungkin kekurangan Android hanya itu, yakni tidak pernah benar benar menyediakan aplikasi yang diperuntukan buat sebuah tablet, tablet android hanya menjalankan aplikasi untuk ponsel. Jika sebuah aplikasi ponsel di play store dinyatakan tidak kompatibel dengan perangkat tablet, kamu masih bisa menginstalnya melalui APK yang dapat kamu donlot dari internet.



    Contoh paling kentara sebagai bukti tablet android memiliki kekurangan ini adalah, pada saat kamu menggunakan aplikasi pengedit photo adobe photoshop di tablet android, aplikasi ini tidak akan sehalus aplikasi yang dipasang di ipad yang memakai sistem iOS, pada android aplikasi berjalan tidak mulus, tool terbatas, tidak halus dan tidak akan cocok untuk mengedit photo dengan resolusi tinggi. Sebaliknya di iPad kamu dapat mengedit photo dengan sangat nyaman dan akurat, tidak masalah jika yang kamu edit adalah photo "mentah" atau format RAW dari hasil jepretan sebuah kamera DSLR (hal yang tidak dapat dilakukan oleh sebuah tablet Android). Mengapa ini terjadi? Karena iPad menggunakan aplikasinya sendiri bukan aplikasi adobe photoshop dari iPhone. Sementara tablet android menggunakan aplikasi yang seyogianya hanya kompitabel dan diperuntukan untuk ponsel.



    3. Aplikasi di iPad generasi terakhir umumnya kompatibel dengan aplikasi yang support arsitektur 64bit sehingga lebih stabil, lebih kuat dan cepat.

    Sementara tablet android masih didominasi oleh aplikasi 32bit, mengapa hal ini terjadi bisa dimaklumi, android melayani banyak sekali vendor produsen ponsel dan jenis jenis hape memiliki tingkat dan kemampuan perangkat perangkat yang berbeda. Dapat dibayangkan jika aplikasi hanya tersedia dalam arsitektur 64 bit semua perangkat harus di upgrade atau dibuatkan atau diganti mesinnya dengan kemampuan yang berarsitektur 64 bit. Yang paling menderita adalah perangkat kelas entry level, kelas ini hampir tidak akan dapat menjalankan aplikasi aplikasi besar yang hanya kompatibel dengan perangkat kelas ponsel high end. Memang ini adalah sebuah dilema, salut deh sama Android yang selama ini mampu mendistribusikan sistemnya keberbagai jenis perangkat, dan hal ini tentunya hanya dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan sekelas Google. Apple sendiri sederhana saja, tidak perlu "serepot" Google, begitu membuat perangkat keras mereka juga segera membuat perangkat lunaknya (software dan sistemnya yang disebut iOS) Apple dengan iOS tidak perlu mendistribusikan sistem mereka ke vendor lain dan tidak perlu mengurus sistem manajemen seperti Google dengan Androidnya.



    Nah itulah sebabnya mengapa iPad dengan iOS menjadi jauh lebih stabil, lebih keren, lebih aman dan lebih premium daripada Android Tablet dengan sistem Androidnya.



    Saya ingin masukan perihal blog dan bagaimana saya dapat memaintainnya secara berkesinambungan
    alamat blog saya: http://www.adedansasa.com
     

Share This Page